Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Badan Manusia

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan  | Pada hakikatnya point utama puasa ramadhan berkaitan dengan aktifitas spiritual seseorang, namun ia juga ternyata mempunyai banyak manfat untuk kesehatan jiwa dan raga. Sebuah konres internasional yang pernah dilakukan pada tahun 1994 juga menerangkan banyak manfaat puasa bagi kesehatan.

Beberapa imbas negatif juga mungkin ditemukan, namun itu lebih banyak alasannya aktifitas berlebih ibarat makan hiperbola pada ketika buka puasa, banyak tidur, dan sejenisnya. Selain itu, pada kondisi penyakit tertentu ibarat diabetes tipe 1 dan lain-lain.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Dalam Bukunya, Elson Haas, M.D, Mendaftar beberapa manfaat puasa bagi kesehatan sebagai berikut.
* Memiliki Efek antipenuaan
* Sikap yang lebih baik
* Ketahanan yang lebih baik terhadap penyakit
* Tidur yang sehat
* Perubahan kebiasaan
* Perencanaan yang lebih jelas
* Kulit lebih Bersih
* Kreativitas
* Perubahan Diet
* Obat detoksifikasi
* Peningkatan indera (penglihatan, pendengaran, rasa)
* Inspirasi
* Mental dan emosional lebih terkontrol
* Lebih banyak energi
* Lebih relaks
* Ide baru
* Pemurnian
* Pengurangan alergi
* Peremajaan
* Istirahat untuk organ pencernaan
* Revitalisasi
* Penggunaan Hak kehendak
* Kesadaran Spiritual
* Penurunan Berat badan

Beberapa manfaat tersebut akan dibahas beberapa di bawah ini.

 Pada hakikatnya point utama puasa ramadhan berkaitan dengan aktifitas spiritual seseorang Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


1. Puasa sanggup Membantu Mengatasi Kecanduan

Puasa Ramadhan merupakan latihan yang sangat baik untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kecanduan seseorang terhadap sesuatu ibarat rokok, alkohol, dan atau yang bekerjasama dengan bad habbit lainya. Pengidap kecanduan mungkin akan sedikit tersadar bahwa ternyata tidak terlalu sulit bagi mereka untuk menjadi tidak kecanduan. Puasa memaksa mereka mengontrol aktifitas mereka menjadi lebih baik. Menahan diri. Dan menunjukkan waktu yang cukup bagi sel-sel tubuh untuk memperbaiki yang rusak tanggapan kecanduan.

2. Hati dan Pikiran Menjadi Tenang
Hati dan pikiran yang tenang tentunya akan menunjukkan dampak manis bagi kesehatan tubuh seseorang. Selama berpuasa, kita dilatih untuk melaksanakan banyak hal positif ibarat berdoa, bermurah hati, beramal, kebersamaan dalam keluarga, bersopan santun, dan lain-lain. aktifitas tersebut tentunya akan menunjukkan kita kedamaian hati dan pikiran. Saat hati dan pikiran tenang, kita akan lebih sanggup mengontrol kesehatan tubuh kita.

3. Kadar lemak darah lebih terkontrol
Salah satu penelitian pernah menghasilkan sebuah fakta bahwa ketika orang berpuasa, kadar lemak jahat menurun sekitar 8 persen, trigliserida 30 persen, dan peningkatan kadar kolesterol baik 14.3 persen sehinga menciptakan jantung anda terlindungi dari penyakit kardiovasular

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Bulan puasa yakni kesempatan yang sangat baik untuk melaksanakan diet sehat. Secara keseluruhan, konsumsi kalori menurun selama berpuasa. Usahakan Tetap aktif di siang hari, tentu dengan menyesuaikan kondisi anda. Dengan begitu, akan banyak lemak yang terpecah. Puasa akan membantu proses pembakaran kalori, dan membantu proses metabolisme.

5. Meningkatkan Sensitivitas Insulin
Sebuah hasil penelitian menerangkan puasa menurunkan gula darah 3-6%. Puasa yang dilakukan terus menerus akan menurunkan insulin 20-31%.  Dengan berpuasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memberitahu sel untuk mengambil glukosa dari darah. Dengan kata lain, apa pun yang mengurangi resistensi insulin akan menciptakan kadar gula darah menurun dan melindungi terhadap diabetes tipe 2.

Masih banyak manfaat puasa bagi kesehatan yang sanggup anda dapatkan. Yang terperinci tentu semua muslim setuju bahwa apa yang diperintahkan Allah itu yang terbaik untuk kita. Karena Dia Maha Pencipta. Dan Tuhan lebih tahu mengenai ciptaan-Nya.




Labels: Puasa
0 Komentar untuk "Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Badan Manusia"

Back To Top