8 Tips Mempersiapkan Badan Menjelang Puasa Ramadhan

8 Tips Mempersiapkan Tubuh Menjelang Puasa Ramadhan | Bulan Puasa (Ramadhan) sebentar lagi akan tiba. Aktifitas biasa masih berlangsung. Dan mungkin diantara kita banyak yang kurang menyadari atau mungkin tidak terlalu peduli mengenai pentingnya mempersiapkan badan kita menjelang bulan ampunan ramadhan. Persiapan yang dilakukan tentu akan menciptakan seseorang lebih siap untuk mendapatkan perubahan aktifitas ketika puasa.

 Tips Mempersiapkan Tubuh Menjelang Puasa Ramadhan 8 Tips Mempersiapkan Tubuh Menjelang Puasa Ramadhan


1. Mengatur Konsumsi Makanan

Salah satu kebiasaan kurang baik masyarakat kita menjelang ramadhan yaitu berbelanja materi kuliner sebagai persiapan ramadhan. Tidak sedikit diantara mereka yang merasa harus belanja lebih banyak dari sebelumnya. Hindari hal itu. Karena dengan persediaan kuliner yang melimpah malah akan memancing nafsu makan, sementara kita akan melaksanakan kewajibab berpuasa yang diharuskan untuk mengurangi aktifitas makan.

2. Biasakan sarapan dini hari
Salah satu aktifitas rutin ketika berpuasa yaitu makan sahur. Waktu makan sahur yaitu sebelum fajar tiba. Agar badan kita terbiasa, ada baiknya kita membiasakan diri makan dini hari, semoga pada waktunya menjadi terbiasa.

3. Kurangi kebiasaan ngemil
Jika kebiasaan ngemil tidak dikurangi menjelang ramadhan, ditakutkan nanti anda akan merasa sangat berat untuk meninggalkannya. BIasakan untuk hanya melaksanakan aktifitas makan utama: sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Hindari aktifitas mengonsumsi kuliner ringan diantara waktu makan utama tersebut.

4. Kurangi asupan kopi
Untuk kopi-lover, usahakan kurangi asupan kafein pada badan untuk menghindari sakit kepala dan dada berdebar selama beberapa hari pertama puasa ramadhan. Sukur-sukur sanggup menghentikannya sama sekali.

5. Stop / Kurangi Merokok
Mungkin sangat berat bagi perokok untuk menghentikan kebiasan merokok seketika. Oleh sebab itu mulailah mengurangi ketergantungan merokok. Jika sebelumnya anda tidak sanggup lepas dari rokok, mau tidak mau pada ketika puasa anda harus berhenti merokok, setidaknya pada siang hari. Jika tidak mulai mengurangi ketergantungan anda, pada ketika puasa anda akan mengalami banyak gangguan menyerupai menjadi gampang marah, gelisah, tidak sabaran, susah berkonsentrasi, kurang semangat, dan lain-lain. Tentunya hal tersebut malah akan mengganggu puasa anda.

6. Kurangi Waktu Tidur
JIka sebelumnya anda kurang mengatur waktu tidur, menjelang ramadhan cobalah unutuk tidur secara teratur; biasakan berdiri lebih pagi, sebab pada ketika puasa nanti anda diharuskan berdiri sebelum fajar muncul untuk santap sahur.

7. Persediaan yang cukup
Ada baiknya anda persiapkan sajian untuk 7 hari pertama puasa. Tapi tetap jangan berlebihan. Ada kalanya ketika berpuasa badan lemas, atau bahkan sebaliknya sebab berburu maghrib untuk berbuka, tidak jarang seseorang menjadi lebih garang untuk berbelanja makanan. JIka demikian, tidak ada salahnya kita melaksanakan kontrol menjelang ramadhan. Siapkan persediaan kuliner secukupnya, dengan logika sehat.

8. Konsultasi dengan Dokter
Untuk orang dengan kondisi penyakit tertentu menyerupai diabetes, darah tinggi, dan lain-lain. Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter anda. Hal apa yang perlu dipersiapkan untuk berpuasa. atau barangkali anda tidak diperbolehkan berpuasa.

Persiapan menjelang ramadhan bukan hanya duduk kasus persediaan makanan. Tubuh kita akan berpuasa selama bulan suci tersebut. Tubuh yang siap tentu akan mendukung aktifitas ibadah selama bulan ramadhan. Semoga

Labels: Puasa
0 Komentar untuk "8 Tips Mempersiapkan Badan Menjelang Puasa Ramadhan"

Back To Top