Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Kanker Kulit Melanoma

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Kanker Kulit MelanomaSeperti penyakit kanker lainnya, kanker kulit Melanoma termasuk penyakit serius yang sanggup menyebar ke jaringan badan lain. Gejala kanker kulit Melanoma secara umum ditandai dengan munculnya tahi lalat gres (bukan tahi lalat bawaan). Kemunculan tahi lalat gres ini sanggup dimana saja, namun dari kebanyakan kasus secara umum dikuasai muncul dibagian kaki, tangan, punggung, dan wajah. Secara fisik bentuk Melanoma tidak beraturan dan warnanya lebih dari satu. Umumnya Melanoma ukurannya lebih besar dibanding tahi lalat biasa, dan terasa gatal bahkan kadang disertai perdarahan.

 dan Cara Mengobati Kanker Kulit Melanoma Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Kanker Kulit Melanoma


Penyebab Kanker Kulit Melanoma

Sejumlah faktor pemicu yang umumnya meningkatkan risiko kanker kulit Melanoma diantaranya adalah: kulit pucat dan gampang terbakar, mempunyai banyak bintik atau tahi lalat di kulit, atau salah satu anggota keluarga pernah terkena kanker Melanoma (faktor keturunan). Saat sel-sel dalam kulit mulai berkembang secara tidak normal, hal tersebut juga diikuti oleh perkembangan Melanoma. Kondisi tersebut disinyalir menjadi faktor penyebab kanker kulit Melanoma. Perkembangan sel secara abnormal tersebut belum diketahui penyebabnya secara niscaya namun banyak orang percaya bahwa kemunculan Melanoma disebabkan paparan sinar ultra violet (UV) baik yang alami atapun buatan. 

Gejala Kanker Kulit Melanoma

Selain munculnya bintik-bintik atau tahi lalat baru, gejala kanker kulit Melanoma juga ditandai perubahan tahi lalat usang menjadi bentuk tahi lalat baru. jikalau tahi lalat usang bentuknya bundar atau oval dan hanya terdiri dari satu warna, maka sesudah terjadi perubahan bentuk tahi lalat menjadi tidak beraturan dan lebih dari satu warna. Umumnya Melanoma mempunyai bentuk pinggiran yang bergairah dan tidak rata, tentunya ini berbeda dari tahi lalat biasa yang tidak terasa bergairah bila diraba. Jika tahi lalat biasa ukurannya tidak lebih dari 6 mm, maka melanoma ukurannya lebih dari 6 mm dan semakin membesar.

Selain di kaki, tangan, punggung, dan wajah, ciri-ciri kanker kulit Melanoma sanggup muncul di jaringan bawah kuku. Jika terdapat tanda-tanda menyerupai tersebut diatas sebaiknya tidak perlu panic. Segera temui dokter kulit atau hebat dermatologi untuk memastikan apakah kemunculan tahi lalat gres atau perubahan tahi lalat usang tersebut gejala kanker kulit Melanoma ataukah tahi lalat biasa.

Cara Mengobati Kanker Kulit Melanoma

Jika hasil diagnosa menyatakan positif terkena kanker kulit melanoma maka satu-satunya tindakan pengobatan ialah operasi, itupun harus mengacu pada kondisi fisik dan psikologis penderita.  Cara mengobati kanker kulit jenis Melanoma melalui operasi tak lantas menciptakan penyakit ini tidak muncul lagi. Dengan kata lain tidak menutup kemungkinan sel-sel kanker yang terlanjur menyebar akan memunculkan kasus kanker kulit baru. Oleh alasannya ialah itu diharapkan terapi khusus untuk memastikan sel kanker dalam jaringan kulit benar-benar hilang. Jika terjadi keterlambatan diagnosis dan tidak segera ditangani sampai stadium lanjut umumnya kanker kulit Melanoma sulit disembuhkan. Jalan satu-satunya ialah dengan melaksanakan kemoterapi dan konsumsi obat-obatan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tanda-tanda sekaligus memperlambat penyebaran sel kanker Melanoma.


Kemunculan kembali kanker kulit Melanoma sangat mungkin terjadi , terutama pada seseorang yang sebelumnya pernah terkena kanker kulit. Jika tindakan penyembuhan kasus pertama dilakukan pada ketika kanker kulit Melanoma sudah menyebar, maka risiko kembali muncul juga sangat besar. Untuk meminimalisir hal tersebut diharapkan investigasi secara terencana untuk me-monitoring kesehatan dan mencegah munculnya kembali kanker kulit Melanoma. Untuk investigasi adanya pertumbuhan sel abnormal (tumor) di jaringan bawah kulit umumnya akan diajari oleh dokter hebat kulit.  Baca juga Cara Mencegah Kanker Paru-Paru
Labels: Kanker
0 Komentar untuk "Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Kanker Kulit Melanoma"

Back To Top