Cara Mencegah Kelenjar Getah Bening

Cara Mencegah Kelenjar Getah Bening | Jika dilihat dari faktor penyebabnya, penyebab penyakit kelenjar getah bening umumnya cukup bervariasi. Mulai dari faktor keturunan (genetika), gaya hidup yang salah, teladan makan tidak teratur, kurang istrirahat, dan sebagainya. Namun dari semua faktor penyebab tersebut, penyakit kelenjar getah bening bersahabat kaitannya dengan menurunnya sistem imunitas tubuh. Dengan sistem kekebalan badan yang rapuh, dengan sendirinya potensi masuk banyak sekali macam penyakit ke dalam badan menjadi lebih besar. Berkaca dari tanda-tanda yang ditimbulkannya, cara mencegah kelenjar getah bening semoga tidak tercemar virus dan bibit penyakit yaitu dengan menerapkan gaya hidup dan teladan makan sehat.

Seperti yang disebutkan diatas, penyakit kelenjar getah bening atau disebut juga Limfoma ini menyerang sistem kekebalan badan yang berkaitan dengan sistem limfatik. Cara mengobati kelenjar getah bening tergantung dari jenis penyakit kelenjar getah bening itu sendiri. Perlu diketahui, penyakit kelenjar getah bening diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu: Limfoma Hodgkin dan Limfoma Non Hodgkin dengan level berbeda, dimana Limfoma Non Hodgkin mempunyai tingkat yang lebih parah.

Diagnosa Awal

Adanya pembengkakan (benjolan) di lipatan paha, leher, dan ketiak bisa jadi merupakan gejala penyakit kelenjar getah bening. Pada kondisi tersebut harus dilakukan tindakan preventif dengan secepatnya memeriksakan diri ke dokter.

Untuk diagnosa awal dokter akan mengusut belahan kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan. Berikutnya dokter juga akan melaksanakan investigasi pada organ lain ibarat hati dan limfa kemudian dilanjutkan dengan tes darah dan investigasi zat-zat lain dalam darah. Setelah dilakukan pengecekan belahan dada dengan sinar X kemudian yang terakhir dilakukan biopsy. Biopsy merupakan metode pengambilan jaringan untuk mendeteksi apakah terdapat sel-sel limfoma. Selanjutnya dokter akan melaksanakan tindakan medis guna mengobati penyakit kelenjar getah bening menurut hasil diagnosa.

Cara mengobati kanker getah bening secara umum mengacu pada tingkat keparahan sekaligus kondisi fisik dan psikologis penderita. Untuk penyakit kelenjar getah bening stadium lanjut, jalan satu-satunya hanya melalui operasi, terapi radiasi (mencakup terapi radiasi eksternal dan terapi radiasi sistemik), terapi biologi, kemoterapi, dan transplantasi sel batang.

Cara Mencegah Penyakit Kelenjar Getah Bening

Telah disebutkan diawal, penyebab penyakit kelenjar getah bening salah satunya alasannya menurunnya sistem kekebalan tubuh. Makara cara mencegah kanker kelenjar getah bening harus diawali upaya meningkatkan kembali sistem imunitas tubuh, tentunya dengan asupan gizi seimbang dari sumber masakan sehat.

  • Blueberry untuk Mencegah Kelenjar Getah Bening

 Namun dari semua faktor penyebab tersebut Cara Mencegah Kelenjar Getah Bening

Dibanding jenis buah yang lain, Blueberry mempunyai kekuatan anti-oksidan paling tinggi. Disini senyawa anti-oksidan pada buah Blueberry berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan senyawa tidak stabil yang berpotensi menjadi sel kanker yang merusak sel-sel tubuh.

  • Bawang Putih Bermanfaat Mencegah Kelenjar Getah Bening

 Namun dari semua faktor penyebab tersebut Cara Mencegah Kelenjar Getah Bening

Opsi paling bijak untuk mencegah kanker kelenjar getah bening yaitu memperbanyak konsumsi bawang putih. Kandungan belerang pada bawang putih cukup tinggi dan bisa mengotimalkan pertahanan badan sekaligus meningkatkan kekebalan terhadap serangan banyak sekali jenis virus, termasuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

  • Manfaat Brokoli untuk Mencegah Kelenjar Getah Bening

 Namun dari semua faktor penyebab tersebut Cara Mencegah Kelenjar Getah Bening
Diantara semua jenis sayur hanya brokoli yang mempunyai nutrisi lengkap sekaligus senyawa anti-kanker. Kandungan flavonoid-nya bersifat anti-oksidan yang bisa menghancurkan sel kanker sampai 97%. Kandungan nutrisi pada brokoli akan terserap tepat dalam jaringan badan apabila sayuran ini dikonsumsi mentah atau sebagai adonan sup dan salad.

Selain mengonsumsi masakan sehat, cara mencegah kelenjar getah bening yang perlu dilakukan yaitu check up kesehatan secara rutin ke dokter, terutama bila terjadi pembengkakan di leher, paha, atau ketiak. Lebih cepat terdeteksi semakin gampang metode penyembuhan kelenjar getah bening itu sendiri.  

Labels: Kanker
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Kelenjar Getah Bening"

Back To Top