Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Kanker Paru-Paru

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Kanker Paru-paru | Dari aneka macam penelitian, penyebab kanker paru-paru yaitu tumbuhnya sel sel di jaringan paru-paru diluar batas normal. Jika tidak ditangani semenjak dini sel-sel tersebut akan menyebar ke jaringan terdekat dan merusak jaringan tersebut secara permanen (disebut metastasis). Secara medis jenis kanker paru-paru yang berawal dari pertumbuhan sel di paru-paru disebut kanker paru-paru primer. Jenis kanker paru-paru yang paling utama yaitu kanker paru bukan-sel-kecil (NSCLC) dengan tanda-tanda umum yaitu batuk disetai darah, sesak nafas dan berat tubuh menurun secara drastis.

paru yaitu tumbuhnya sel sel di jaringan paru Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Kanker Paru-paru


Penyebab Kanker Paru-paru Secara Umum

Secara umum penyebab kanker paru-paru yaitu paparan asap tembakau dalam jangka waktu lama. Bahkan asap tembakau dan zat racun didalamnya berpotensi mengakibatkan kanker paru-paru sekitar 80% - 90%, dan 10% - 15% untuk perokok pasif. Selain asap rokok, masalah kanker paru-paru ini juga disebabkan kombinasi polusi udara, gas radon, asbestos, dan faktor genetik. Deteksi kanker paru-paru sanggup dilakukan dengan foto rontgen dada serta tomografi komputer (CT Scan) dan untuk diagnosisnya sendiri sanggup dipastikan melalui biopsi dengan mekanisme bronkoskopi. 

Gejala Umum Kanker paru-paru

Beberapa ciri fisik yang mengindikasikan seseorang terkena gejala kanker paru-paru adalah:

  • Permasalahan pada jalan masuk pernafasan ibarat nafas pendek, bengek, batuk, sampai batuk darah
  • Terjadi tekanan darah seputar area paru-paru ibarat nyeri dada, kesulitan menelan, nyeri tulang dan obstruksi vena cava superior
  • Adanya beberapa tanda-tanda sistemik meliputi kelelahan, ruam pada kuku jari, dan berat tubuh menurun drastis

Jika sel kanker tumbuh di area jalan masuk nafas otomatis hal tersebut sanggup menghambat anutan oksigen. Jika ini terjadi biasanya muncul sesak nafas. Hambatan anutan oksigen ini sanggup mengakibatkan terjadinya akumulasi secret dibelakang sumbatan sehingga muncul pneumonia. Gejala kanker paru umum ibarat demam, kelelahan, tidak nafsu makan, dan berat tubuh yang menurun sifatnya tidak spesifik. Pada dikala penderita melaksanakan investigasi umumnya sel kanker telah menyebar dari lokasi awal. Adapun jaringan tubuh lain yang berpotensi terkena efek sel kanker paru yaitu ginjal, hati, kelenjar adrenal, tulang, pericardium, dan otak.

Cara Mengobati Kanker Paru-paru

Cara mengobati kanker paru-paru umumnya mengacu pada jenis sel kanker tersebut, seberapa jauh cakupan penyebarannya, dan kondisi penderita pasca diagnosis. Metode pengobatan sanggup berupa perawatan paliatif, pembedahan, radioterapi, dan kemoterapi. 

  • Pembedahan

Apabila hasil investigasi mengkondisikan jenis kanker paru-paru bukan-sel-kecil (NSCLC), penentuan stadium penting untuk mengetahui apakah termasuk sel kanker lokal serta menganalisa apakah sel kanker telah menyebar ke jaringan tubuh lain, sehingga tidak memungkinkan dilakukan pembedahan. Untuk proses penentuan ini dipakai teknologi tomografi emisi positron serta tomografi komputer (CT Scan). Disini hasi tes darah sekaligus uji fungsi paru juga turut mempengaruhi apakah kondisi kesehatan penderita sukup sehat untuk tindakan pembedahan.

  • Radioterapi dan Kemoterapi

Untuk cara mengobati kanker paru-paru umumnya berupa tindakan radioterapi yang diberikan sekaligus dengan kemoterapi. Tindakan ini diberikan pada penderita masalah kanker paru bukan-non-kecil (NSCLC) yang berisiko tinggi apabila dilakukan pembedahan. Tindakan ini sanggup berupa radioterapi radikal yaitu metode radioterapi dengan intensitas tinggi. Sementara tindakan kemoterapi diambil sesudah mengetahui jenis tumor yang berkembang. Untuk jenis kanker paru sel kecil (SCLC) juga direkomendasikan untuk dilakukan radiasi (radioterapi) dan kemoterapi. Pada masalah kanker paru bukan-sel-kecil (NSCLC), tindakan kemoterapi yaitu metode pengobatan paling utama sekaligus meningkatkan kualitas dan masa tahan hidup, dengan catatan pasien berpengaruh dengan metode pengobatan kemoterapi ini.

Labels: Kanker
0 Komentar untuk "Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Kanker Paru-Paru"

Back To Top