Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal Perempuan Dan Pria

Cara Menghitung Berat Badan Ideal sangat penting untuk di ketahui semoga anda sanggup mengontrol berat tubuh anda sendiri di rumah. Memiliki berat tubuh ideal sudah menjadi harapan setiap perempuan dan laki-laki disamping sebagai penunjang penampilan semoga tampil lebih maksimal serta sanggup terhindar dari banyak sekali faktor penyakit. Memiliki berat tubuh berlebih atau obesitas sangat jelek bagi kesehatan anda. Mungkin saja kini belum mencicipi dampaknya namun seiring bertambahnya usia obesitas akan mulai menampakan banyak sekali masalah. Sudah banyak mahir kesehatan dan dokter memperlihatkan saranya untuk menjauhi yang namanya obesitas. Kenapa demikian? Karena sanggup meningkatkan resiko banyak sekali penyakit organ mengerikan ibarat serangan jantung, hipertensi, diabetes dan masih banyak lagi yang mustahil saya sebutkan satu-persatu.

di ketahui semoga anda sanggup mengontrol berat tubuh anda sendiri di rumah Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria

Mungkin kini anda bertanya bagaimana cara mengetahui berat tubuh ideal kita? Sebenarnya cara mengetahui berat tubuh anda ideal atau tidak itu sederhana dan setiap orang tentu berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia dan tinggi tubuh orang itu sendiri. Berbagai upaya banyak ditempuh semua orang baik laki-laki dan perempuan untuk mendapat berat tubuh terbaiknya. Bagi mereka yang kurus harus memperbanyak makan-makanan bergizi dan bagi mereka yang obesitas harus rela menjalani diet yang begitu menyiksa namun semua itu terbayarkan ketika berat tubuh anda sudah mencapai apa yang selama ini anda impikan.

Alasan Pria dan Wanita Mendambakan Berat Badan Ideal

Ada banyak sekali macam alasan kenapa seseorang ingin mempunyai berat tubuh ideal berikut rangkumanya menurut penelitian insomniaku.co

  • Untuk memperindah penampilan
  • Mencari pasangan atau pacar
  • Karena alasan kesehatan
  • Tuntutan pekerjaan, contohnya : Model
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Ingin dipuji oleh orang lain.

Dari 6 alasan diatas manakah yang sering anda temui atau mungkin anda pernah mempunyai alasan tersebut setidaknya satu kali. Jika anda ingin menambahkan silahkan tulis dikomentar dan saya akan menambahkanya di artikel ini serta menuliskan nama anda sebagai wujud apresiasi saya terhadap kemauan anda. Setelah kita membahas alasan seseorang ingin mempunyai berat tubuh yang ideal kini saatnya saya akan mengajak anda untuk praktek cara menghitung berat tubuh ideal sesuai tinggi badan.

2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria

Ada 2 cara untuk mengukur apakah berat tubuh anda ideal atau tidak. Simak uraian berikut.

1) Kurangi tinggi tubuh anda dengan nilai 110.
RUMUS :
BDI = TB - 110
TB yaitu tinggi tubuh anda. jadi contohnya begini, perhatikan ilustrasi penghitungan berat tubuh ideal berikut ini:

Setelah anda menghitung tinggi tubuh anda ketika ini, misalkan Anda ternyata mempunyai tinggi tubuh 163 cm. Maka menurut rumus di atas, berat tubuh ideal anda ialah 163 - 110 = 53 kg. Makara berat tubuh ideal anda yaitu 53KG. 

Bagaimana apakah sangat gampang dan tidak seribet yang anda pikirkan bukan? Lalu apakah berat tubuh saya ideal?



Untuk mengetahui apakah berat tubuh anda ideal atau tidak, anda perlu mengukur berat tubuh ibarat biasanya. Sebagai contoh, dengan tinggi 163 cm, ternyata anda mempunyai berat tubuh 63 kg. Itu artinya anda mempunyai kelebihan berat tubuh sekitar 10 kg. Dan itu artinya kurang ideal! Begitu juga kalau ternyata berat tubuh anda hanya 43 kg.


Simpulannya adalah, kalau ternyata berat tubuh anda lebih dari 10 kg atau kurang dari 10 kg dari hasil penghitungan di atas, maka sudah sanggup disimpulkan bahwa berat tubuh anda tidak ideal.

2) Menghitung index tubuh. Cara ini sedikit ribet dari yang pertama tadi, simak caranya berikut ini.

RUMUS :
BDI = BB : KTB

Keterangan :
BDI = Berat Badan Ideal
BB = Berat Badan
KTB = Kuadrat Tinggi Badan dengan satuan meter

Perhatikan Ilustrasi berikut ini:
Misalnya bang Ocit mempunyai berat tubuh 50 kg dan tinggi badannya anda yaitu 165 cm, maka berat tubuh ideal bang Ocit seharusnya adalah:

Rumus: BDI = BB : KTB
BDI = 50kg : 165 cm <== ingat yang ini harus  dijadikan ke meter dahulu.
BDI = 50kg : 1,65 m <== sehabis dijadikan meter kemudian dikuadratkan.
BDI = 50kg : 2,7225 m
BDI = 18,36

Berikut yaitu patokan hasil hitungan berat tubuh ideal di atas.
< 17 = sangat kurus
17 - 18 = kurus
18,1 - 21 = berat tubuh normal
21,1 - 26 = gemuk
26,1 - 30 = sangat gemuk
> 30 = obesitas (WARNING!!!!)

Bagaimana? Cara menghitung berat tubuh ideal wanita ataupun laki-laki di atas cukup mudah, kan? Jika anda sedikit mengalami kesusahan ketika menghitungnya silahkan tulis dikolom komentar nanti saya akan mencoba ikut membantu. Oh iya menurut hasil yang telah saya hitung tadi termasuk dalam kategori manakah berat tubuh bang Ocit?

Alternatif lain menghitung berat badan lainnya sanggup memakai kalkulator penghitung berat tubuh ideal dari nhs.co.uk berikut ini:


di ketahui semoga anda sanggup mengontrol berat tubuh anda sendiri di rumah Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria



Silahkan isi jenis kelamin, kemudian berapa usia anda, berat tubuh dan tinggi tubuh anda ketika ini. Tools tersebut akan menghitung apakah anda termasuk mempunyai berat tubuh yang kurang, ideal, atau kelebihan berat badan. Tool penghitung berat tubuh ini juga akan memperlihatkan klarifikasi lebih lanjut mengenai keadaan tersebut. Silahkan di coba.
Labels: Kecantikan
0 Komentar untuk "Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal Perempuan Dan Pria"

Back To Top