Manfaat Usg Untuk Kehamilan

Manfaat USG untuk Kehamilan - Apakah bunda sudah USG? USG atau Ultrasonografi, alat yang banyak dikenal sebagai alat pendeteksi kondisi bayi dalam kandungan ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Bukan sekedar untuk mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan, pria atau perempuan. Namun, lebih dari itu.

Alat ini memanfaatkan gelombang bunyi berfrekuensi tinggi. Gelombang bunyi itulah yang kemudian akan membentuk gambar dua dimensi. Bahkan dikala ini sudah ada alat yang bisa memunculkan gambar 3 dimensi dan 4 dimensi.

 alat yang banyak dikenal sebagai alat pendeteksi kondisi bayi dalam kandungan ini ternyat Manfaat USG untuk Kehamilan


USG 3D dan 4D

Dengan USG-3D gambar yang ditangkap menjadi lebih jelas. Keadaan tulang belakang, muka, letak telinga, dan lain-lain bisa terlihat dengan terperinci sehingga jikalau ada kelaian pada organ tubuh bayi bisa terdeteksi secara terperinci contohnya bibir sumbing dan lain-lain. Canggih ya! Namun ternyata ada yang lebih canggih lagi, USG 4D! Jika pada teknologi 3D kita sudah bisa melihat fisik janin begitu jelas, dengan 4D, selain fisik dan organ tubuh yang tentunya lebih jelas, bahkan bisa dideteksi keadaan emosional bayi. Apakah bayi sedang senang, sedih, dan lain-lain.


 alat yang banyak dikenal sebagai alat pendeteksi kondisi bayi dalam kandungan ini ternyat Manfaat USG untuk Kehamilan


USG sudah dipakai semenjak sekitar 30 tahun yang lalu. Hampir 75% ibu hamil sudah memanfaatkan alat ini. USG biasanya dilakukan ibu hamil pada usia kehamilan 16-20 minggu. Apa saja manfaat USG untuk Kehamilan?

6 Manfaat USG untuk Kehamilan

Mengetahui Usia Kehamilan dan Kapan Waktu Melahirkan

Apakah mengetahui usia kehamilan itu penting? Tentu penting, meskipun intinya anda mungkin bisa memperkirakannya dari jadwal menstruasi dan waktu pembuahan menyerupai yang ditulis pada artikel perihal cara menghitung kelahiran bayi. Namun, bagaimana jikalau anda tidak mengetahui dengan pasti? Tidak jarang ibu hamil tidak mempunyai jadwal menstruasi dan waktu pembuahan yang tak pasti. Ya, USG bisa menjadi solusi yang paling baik daripada memperkirakan tanpa kepastian.

Mengetahui Perkembangan Janin dalam Kandungan

Kita tentu tidak bisa tahu dengan terperinci apakah janin dalam kandungan dalam keadaan normal sesuai
dengan masa perkembangannya atau tidak. USG akan membantu keperluan penilaian tersebut. Terkadang ada ibu hamil yang mempunyai duduk kasus kesehatan. Dengan mengetahui pertumbuhan janin secara tepat, ibu hamil bisa mendapat tindakan selanjutnya yang harus dilakukan, menurut petunjuk dokter.

Mengetahui Ketakjelasan Sumber Pendarahan

Penyebab pendarahan bisa lantaran aneka macam hal. Pendarahan yang terjadi lantaran terjadinya pelekatan embrio di dinding rahim pada trisemester pertama. Dan pendarahan yang disebabkan oleh kondisi plasenta yang tidak normal pada trisemester kedua. Masalah-masalah tersebut bisa dideteksi semenjak dini, dan itu tentunya sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Memeriksa Kehamilan Ganda

Jika anda pernah menjalani perawatan kesuburan atau mempunyai ukuran rahim yang tidak normal pada usia kehamilan tertentu, maka USG bisa membantu.

Memeriksa Masalah pada Janin

Dengan USG, aneka macam duduk kasus yang terdapat pada janin bisa dideteksi semenjak dini. Sebagai contoh, ada abnormalitas pada wajah, badan, atau organ-organ lain, sehingga anda bisa menawarkan tindakan yang sempurna menurut petunjuk dokter.

Memperkirakan apa jenis kelamin bayi anda

Ini yaitu salah satu alasan favorit para ibu dan ayah yang bisa didapat dengan USG. Untuk mengetahui hal tersebut biasanya perlu dilakukan USG pada usia kehamilan sekitar 12 minggu. Namun beberapa sumber lain menyampaikan lebih anggun pada usia 16-20 minggu. Kendati demikian, hasil USG tersebut bisa saja tidak sempurna lantaran itu sifatnya visual, menyerupai apa yang ditunjukan oleh penggambaran USG. Terkadang bayi wanita disangka pria lantaran adanya plasenta yang terselip diantara kaki, atau sebaliknya jikalau salah melihat bokong bayi dikira kelamin perempuan.


Labels: Ibu hamil
0 Komentar untuk "Manfaat Usg Untuk Kehamilan"

Back To Top