Cara Mencegah Kanker Kulit Semenjak Dini

Cara Mencegah Kanker Kulit | Semua orang yang ingin hidup sehat niscaya melaksanakan cara apapun supaya terhindar dari penyakit. Demikian halnya dengan kanker kulit, secara umum jenis kanker yang satu ini menjadikan dampak psikologis cukup mendalam mengingat jenis kanker kulit masuk kategori ganas dan sulit disembuhkan. Kaprikornus sebelum benar-benar terkena kanker kulit harus diupayakan cara mencegah kanker kulit semenjak dini baik melalui investigasi medis secara bersiklus atau penggunaan obat tradisional.

 Semua orang yang ingin hidup sehat niscaya melaksanakan cara apapun supaya terhindar dari peny Cara Mencegah Kanker Kulit Sejak Dini


Sejauh ini penyebab kanker kulit cukup bervariasi, mulai dari gaya hidup tidak sehat, paparan zat kimia, rokok, sampai faktor genetika. Intinya supaya terhindar dari penyakit mematikan ini harus melalui aneka macam cara pencegahan kanker kulit terutama menerapkan referensi hidup sehat, tidak merokok, dan menghindari kontaminasi dengan segala sesuatu yang mengandung zat kimia.

Cara Efektif Mencegah Risiko Kanker Kulit

Kanker sanggup dikatakan sangat berbahaya jikalau pertumbuhan sel kanker sudah menjalar ke organ badan lain. Demikian juga dengan kanker kulit, jikalau sudah masuk stadium lanjut maka sel kanker kemungkinan besar akan menjalar ke organ-organ penting untuk kemudian merusak sistem tubuh. Begitu mengerikan dampak jelek yang ditimbulkan oleh kanker sehingga harus dilakukan tindak pencegahan semenjak dini.

Berikut beberapa cara yang wajib dilakukan supaya terhindar dari risiko kanker kulit:

  • Jangan Merokok

Dari semua jenis kanker termasuk kanker kulit, kanker ginjal, kanker paru-paru, sampai kanker serviks mempunyai keterkaitan dengan rokok. Intinya rokok berkontribusi terhadap beberapa masalah tersebut, meski prosentase-nya berbeda. Pada masalah kanker paru-paru 80 – 90% penyebabnya asap rokok. Demikian juga dengan kanker kulit. Asap rokok merusak jaringan bawah kulit sehingga memicu pertumbuhan sel abnormal.

  • Hindari Paparan Sinar Ultra Violet

Meskipun secara umum kanker kulit susah disembuhkan namun upaya pencegahannya cukup mudah. Salah satu penyebab kanker kulit yakni paparan sinar ultra violet dengan intensitas tinggi, jadi sebagai bentuk pencegahan harus melindungi diri dari sengatan sinar matahari. Sengatan sinar matahari kategori berbahaya antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore, jadi untuk jam-jam tersebut sebaiknya menghindari kontak dengan matahari secara langsung. Jika terpakasa harus keluar rumah sebaiknya memakai topi dan sun-block (tabir surya).

  • Kenali Gejalanya

Untuk kanker kulit jenis Melanoma (melatonik) biasanya muncul tahi lalat yang semakin usang semakin membesar. Tahi lalat tersebut biasanya muncul di area hidung, kelopak mata, bibir, dan dahi. Pada tahi lalat usang biasanya muncul perubahan warna dan bentuk yang tidak beraturan, terasa gatal dan bahkan mengeluarkan darah. JIka mengalami gejala kanker kulit semacam itu sebaiknya segera memeriksaan diri ke dokter seorang mahir kulit (dermatologi) untuk didiagnosis serta mendapat tindakan lebih lanjut.

  • Hindari Bahan Kimia

Salah satu pemicu utama masalah kanker kulit yakni paparan zat kimia yang bersifat karsinogen. Zat kimia karsinogen biasanya gampang berkontaminasi dengan air dan udara untuk kemudian berinteraksi dengan kulit. Sebab itulah mengapa zat kimia karsinogen sangat berbahaya untuk kesehatan kulit.

Selain cara mencegah kanker kulit, ada baiknya juga mengetahui jenis kanker kulit yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Kanker kulit dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kanker kulit melanotik dan kanker kulit non-melanotik. Untuk jenis non-melanotik dibagi menjadi 2 yaitu basailoma dan karsinoma sel skuamosa. Yang paling sering terjadi yakni kanker kulit basalioma dengan pertumbuhan lebih lambat khususnya di area hidung, kelopak mata, dahi, dan lain-lain. Sementara untuk jenis karsinoma sel skuamosa sanggup muncul dimana saja dengan pertumbuhan lebih progresif dan sanggup melaksanakan metastasis.  

Labels: Kanker
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Kanker Kulit Semenjak Dini"

Back To Top