Cara Mencegah Kanker Mulut

Cara Mencegah Kanker Mulut | Kanker mulut, termasuk kanker ekspresi primer atau kanker ekspresi sekunder yakni kategori kanker ganas yang patut diwaspadai semua orang terutama kaum pria. Mengapa harus kaum pria? Karena dari kasus kanker ekspresi yang pernah ditemukan, hampir 2/3 diantaranya diderita kaum pria. Jika sudah memasuki stadium lanjut penyakit ini sulit disembuhkan meskipun memakai mekanisme pengobatan radioterapi atau kemoterapi. Oleh alasannya itu lebih baik mencari cara mencegah kanker ekspresi itu sendiri, atau setidaknya menghindari faktor pemicu pertumbuhan sel kanker tersebut.

Selain rokok, penyebab kanker mulut umumnya lantaran contoh makan tidak sehat terutama mengonsumsi banyak masakan berlemak, minuman beralkohol, penggunaan obat-obatan terlarang, dan kurang menjaga kebersihan mulut. Zat adiktif yang terakumulasi dalam ekspresi tanggapan ekspresi yang tidak bersih, akan menumpuk menjadi toksin untuk lalu bermetamorfosis karsinogen sehingga sel kanker lalu tumbuh dalam mulut.

Gejala Kanker Mulut

Pada stadium awal gejala kanker mulut umumnya sulit dideteksi lantaran gejalanya seolah-olah sakit ekspresi atau sakit tenggorakan biasa, contohnya sariawan, sulit menelan, perdarahan pada gusi, dan sebagainya. Namun kalau dilihat dari tanda-tanda fisik, ada beberapa tanda-tanda yang cukup mencolok terkait munculnya penyakit kanker mulut. Berikut ini diantaranya:

  • Kanker ekspresi biasanya ditandai dengan sakit (luka) dibagian wajah dan leher. Faktor lain yang harus diwaspadai yakni munculnya ulcus atau sariawan yang tidak bisa hilang dalam 2 minggu.
  • Gusi yakni area ideal untuk pertumbuhan sel kanker. Makara kalau ada perbesaran, pembengkakan, atau benjolan pada gusi dan bibir juga harus diwaspadai sebagai tanda-tanda awal kanker mulut.
  • Gejala awal kanker ekspresi umumnya juga ditandai dengan bercak kemerahan, putih, atau gelap pada langit-langit atau penggalan ekspresi lainnya. Hal ini biasanya diikuti perdarahan secara berulang-ulang pada gusi dan muncul luka di ekspresi secara tiba-tiba.
  • Penderita kanker ekspresi umumnya merasa ‘kebal’ pada penggalan ekspresi serta seluruh penggalan wajah dan leher. Berikutnya gigi-gigi mulai goyang tanpa ada alasannya yang jelas.


Cara Mencegah Kanker Mulut

Ada banyak cara mencegah kanker mulut, tentunya berkaitan dengan kebersihan mulut. Intinya ekspresi yang terjaga kebersihan dan kesehatannya, kecil kemungkinan sel kanker akan tumbuh disana. Berikut cara mencegah berkembangnya basil penggerak kanker mulut.

  • Gosok Gigi dan Flossing

Untuk mengurangi resiko kanker ekspresi wajib menjaga kesehatan ekspresi dengan gosok gigi setidaknya 2 kali sehari. Biasakan memakai cara flossing (membersihkan gigi dengan benang halus) secara teratur. Mulut yang kurang higienis dan tidak sehat sanggup menurunkan sistem kekebalan badan dan menghambat kemampuan badan melawan sel kanker.

  • Jangan Merokok

Rokok tidak hanya menjadikan kanker kulit atau kanker paru-paru namun juga pemicu utama terjadinya kanker mulut. Racun (nikotin) yang terkandung pada tembakau meningkatkan keasaman ekspresi sehingga rentan terhadap kanker. Berhenti merokok yakni keputusan yang bijak semoga terhindar dari penyakit kanker mulut.

 termasuk kanker ekspresi primer atau kanker ekspresi sekunder yakni kategori kanker ganas yang Cara Mencegah Kanker Mulut


  • Konsumsi Makanan Anti Kanker

Ada beberapa jenis masakan yang mengandung senyawa anti-oksidan untuk melawan radikal bebas penyebab kanker mulut. Makanan tersebut termasuk beberapa jenis buah-buahan, sayuran hijau, bawang putih, teh hijau, tomat, biji rami, anggur, kedelai, dan jenis kacang-kacangan lainnya. Pemenuhan nutrisi dengan diet sehat yakni cara efektif untuk mencegah kanker mulut.

Cara mencegah kanker mulut selain beberapa poin diatas yakni dengan memeriksakan kondisi ekspresi dan gigi pada dokter ahli. Setiap 6 bulan sekali sebaiknya dilakukan skrining sehingga kalau ada tanda-tanda kanker ekspresi bisa terdeteksi semenjak dini.
   

Labels: Kanker
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Kanker Mulut"

Back To Top