Cara Gampang Mengatasi Insomnia Pada Lansia

Cara Mengatasi Insomnia pada Lansia - Insomnia bisa terjadi kepada siapa saja termasuk pada orang dengan usia lanjut atau lansia. Usia lanjut niscaya akan menimpa siapa saja termasuk saya dan anda. Usia di mana kita tidak lagi bisa bekerja terlalu berat dan tingkat kesehatan yang semakin berkurang. Di indonesia orang yang sudah menginjak masa lansia pada umumnya justru masih terus bekerja keras terutama di pedesaan alasannya yaitu kita tidak bisa menutupi bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat di indonesia masih tergolong rendah.

Perubahan–perubahan fisik, psikososial dan spiritual biasa terjadi pada lansia. Salah satu perubahan tersebut yaitu terjadi perubahan contoh tidur.


bisa terjadi kepada siapa saja termasuk pada orang dengan usia lanjut atau lansia Cara Praktis Mengatasi Insomnia Pada Lansia


Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bergotong-royong gangguan tidur tidak harus di alami oleh lansia lantaran siapapun anda tidak peduli umur atau jabatan anda niscaya pernah mengalami gangguan tidur. Hanya saja kalau lansia yang terkena gangguan tidur cukup merepotkan baginya lantaran tubuhnya sudah tidak sesegar pada masa muda dulu.

Seorang lansia cenderung mengalami penurunan berat badan, isi cairan orak dan fatwa otak, penambahan ukuran vertikel dan korteks otak, penurunan reaksi terjadi pada spinal cord dan terjadi perlambatan simpatik yang menyebabkan pola tidur menurun. Orang dengan usia lanjut yang hidup sendiri atau adanya rasa takut pada malam hari bisa menjadikan tidurnya terganggu. Insomnia kronik sanggup menjadikan mood menurun, motivasi, atensi, energi, dan konsentrasi juga melemah, serta cenderung malas.

Beberapa pengaruh serius gangguan tidur yang terjadi pada lansia diantaranya yaitu meiliki rasa kantuk hiperbola pada waktu siang, atensi terganggu dan memori, mood, depresi, sering terjatuh, penggunaan hipnotik yang tidak semestinya, dan kualitas hidup menurun. Seseorang yang usang tidurnya lebih dari 9 jam atau kurang dari 6 jam per hari mempunyai bantuan lebih banyak terhadap angka kematian, angka sakit jantung dan kanker dibandingkan dengan seseorang yang tidurnya lebih normal antara 7 jam hingga 8 jam per hari. Insomnia diperkirakan terjadi sekitar 20%-50% dari orang berakal balig cukup akal yang melaporkan adanya gangguan tidur dan diantaranya yang mengalami gangguan tidur yang serius sekitar 17%. Gangguan tidur pada lansia sekitar 67 %. Namun sayangnya, sangat jarang yang menyadari betapa pentingnya penanganan duduk masalah gangguan tidur tersebut.

Lalu bagaimana cara mengatasi insomnia pada orang yang sudah lanjut usia? Simak ulasannya hanya di blog Insomniaku.co, berikut ini.

Senam Wajah Ringan untuk Membantu Mengatasi Insomnia pada Lansia

Senam wajah yaitu salah satu cara mudah yang terbukti bisa merelaksasi otot wajah dan membantu tubuh semoga cepat terlelap. Cara senam wajah yaitu sebagai berikut:

  • Buka verbal anda lebar-lebar selanjutnya arahkan alis dan bola mata ke atas; 
  • Kemudian ucapkan abjad "A" selama satu menit kemudian di ganti mengucap abjad "E" dan "i" masing-masing satu menit; 
  • Putar kepala anda searah jarum jam sebanyak 10 kali kemudian putar ke arah berlawanan sebanyak 10 kali juga.

Mengonsumsi Buah-buahan yang Manis

Buah-buah bagus menyerupai pepaya, pisang, durian, dan kurma mengandung hormon melatonin yang bisa mengusir insomnia pada lansia. Konsumsilah makanan berhormon melatonin sebelum tidur secara rutin semoga tidur anda menjadi lelap.

Hindari Kafein!

Kafein umumnya terkandung di dalam kopi jadi sebisa mungkin hindari kopi pada ketika menjelang malam dan sebagai penggantinya anda bisa meminum teh. Air putih bisa menjadi pilihan sempurna lantaran mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Olah Nafas

Mengolah atau mengatur nafas sebelum tidur bertujuan untuk menenangkan tubuh. Caranya ambil nafas dalam-dalam dari hidung kemudian keluarkan lewat verbal secara perlahan. Lakukan secara berulang-ulang hingga anda menjadi tenang.

Berdo'alah Sebelum Tidur

Percaya tidak percaya berdo'a sebelum tidur sanggup membantu tidur anda menjadi lebih pulas dan menjauhkan anda dari mimpi buruk. Berdo'alah berdasarkan agama dan kepercayaan anda masing-masing.

Bagaimana wacana rangkuman di atas cukup sederhana bukan? Sekian wacana cara mengatasi insomnia pada lansia semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.
Labels: Insomnia
0 Komentar untuk "Cara Gampang Mengatasi Insomnia Pada Lansia"

Back To Top