Tips Olahraga Yang Kondusif Untuk Ibu Hamil

Olahraga untuk ibu hamil yang akan kita bahas di sini yaitu olah raga sebagai upaya menjaga kesehatan ibu dan bayi, bukan olah raga untuk pertandingan.  Di sini juga kita akan mencoba menangkis mitos yang tampaknya sudah mengakar besar lengan berkuasa dalam tradisi dan kemudian meresap ke dalam perkiraan ibu-ibu hamil kemudian menjadi tindakan. Bahwa ibu hamil dilarang mengerjakan sesuatu yang terlalu berat, yaitu benar, yang salah yaitu ketika hal tersebut malah menciptakan ibu hamil merasa tidak mau berolah raga.

 yang akan kita bahas di sini yaitu olah raga sebagai upaya menjaga kesehatan ibu dan bay Tips Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Salah satu dokter kandungan di Dallas, Frances Crites, MD., menyampaikan bahwa dengan berolah raga, justru akan meningkatkan kesehatan jantung, menambah energi, dan meningkatkan gambaran diri ibu hamil. Tentu anda tidak mau mengalami sakit punggung bab bawah di ketika hamil menyerupai yang dialami banyak ibu-ibu di sekitar kita. Ya, itu bukanlah hal yang biasa. Dan sanggup jadi salah satunya alasannya yaitu banyak ibu-ibu yang kurang menyadari pentingnya berolah raga di ketika hamil. (Baca juga: 9 Tips Nutrisi yang Bagus selama Kehamilan)

Walaupun demikian, bukan berarti juga ibu hamil bebas melaksanakan olah raga apapun. Kondisi ibu hamil tentu berbeda. Selain itu, ada bayi dalam kandungan yang harus menjadi pertimbangan untuk melaksanakan banyak sekali hal, termasuk olah raga. Nah, berikut ini yaitu beberapa tips olah raga yang kondusif untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melaksanakan beberapa jenis olah raga di bawah ini.

Olah Raga Jalan Cepat

Selain gampang untuk segera dipraktekkan, olah raga kardiovaskular ini juga sangat menyenangkan. Bunda sanggup sekalian bersilaturahmi dengan tetangga atau teman, menikmati pemandangan sekitar, dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan bunda dan bayi. Bunda sanggup melaksanakan olah raga jalan cepat di setiap pagi atau kapanpun. Mulailah di sekitar rumah, dan rasakan manfaatnya. Namun bunda tetap harus berhati-hati, alasannya yaitu dalam keadaan perut besar, keseimbangan badan sanggup berkurang. Pilih jalan yang rata, dan hati-hati dengan lubang-lubang yang mungkin terdapat di jalan.

Olah Raga Renang

Olah raga ini merupakan salah satu olah raga yang ideal bagi ibu hamil. Minim resiko berbenturan dengan benda keras, dan ketika berenang, sendi-sendi kondusif dari tekanan. Bunda sanggup menentukan gaya dada alasannya yaitu bunda tidak akan membutuhkan terlalu banyak gerakan tubuh. Masuklah ke dalam bak secara pelan, dan tetap berhati-hati. Jangan melompat ya, Bun! Melompat akan memberi tekanan pada perut bunda. Oya, berenang di air panas kurang baik untuk ibu hamil.

Berlatih Yoga

Olah raga ini sanggup membantu menciptakan sendi-sendi elastis dan fleksible. Yoga juga sanggup menciptakan sistem otot menjadi lebih kuat, melancarkan peredaran darah, dan menciptakan bunda rileks. Namun, dalam melaksanakan olah raga yoga ini, bunda juga perlu berhati-hati. Yoga pada masa hamil tentu berbeda. Pilih gerakan-gerakan yang memang khusus untuk ibu hamil.

Olah Raga Angkat Beban

Serius? Ya! Bukankah nanti bunda harus menimang bayi? Olah raga angkat beban manis untuk menyiapkan badan di ketika nanti harus sering dan usang menimang bayi. Angkat beban manis pula untuk memperkuat otot sehingga sanggup meminimalisir resiko cidera di ketika hamil. Namun, sekali lagi bunda harus kontrol beban. Kurangi beban sekitar setengah dari biasanya. Menganggkat beban terlalu berat sanggup membahayakan bunda dan bayi. Konsultasi dengan dokter dan instruktur yang kompeten.

***

Pada dasarnya berolah raga di masa kehamilan sangatlah dianjurkan. Namun, tetap keselamatan harus diutamakan, baik ibunya ataupun bayi dalam kandungan. Usahakan untuk tidak memberi tekanan terlalu besar lengan berkuasa dan banyak terhadap tubuh. Segera hubungi dokter kalau menemukan keluhan dalam badan ketika berolah raga atau setelah berolah raga. Sebagai contoh, pendarahan pada vagina, sesak nafas, pusing, sakit pergelangan kaki atau betis, perubahan suhu yang drastis, penglihatan kabut, berkurangnya gerak janin, atau keluhan-keluhan lainnya.


Labels: Ibu hamil
0 Komentar untuk "Tips Olahraga Yang Kondusif Untuk Ibu Hamil"

Back To Top