9 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara mengatasi anak susah makan - Jika anak susah makan, jangan sekali-kali membuatnya merasa tertekan. Bukannya malah mau makan banyak, namun sebaliknya, ia akan lebih memberontak. Usahakan untuk mengendalikan emosi anda. Ada banyak penyebab kenapa anak susah makan. Bisa alasannya yaitu kuliner yang kurang ia sukai, belum merasa lapar, masih ingin bermain, ada stress berat terhadap kuliner tertentu, atau barangkali anak anda sedang sakit perut? atau gigi? Ketahui penyebabnya, bukan kemudian memaksakan kehendak diktatorial dengan alasan demi kebaikan. Makan memang kebaikan bagi anak, namun bagaimana dengan paksaan yang anda perlihatkan? Pelan-pelan aja ya, bun! Di sini, bunda dituntut untuk lebih kreatif dan bijaksana.


 Usahakan untuk mengendalikan emosi anda 9 Cara Mengatasi Anak Susah Makan


Berikut ini ada beberapa tips yang dapat bunda pertimbangkan untuk diterapkan pada si kecil. Tentunya, bunda lebih mengetahui tips atau trik mana yang paling cocok untuk anak bunda.

1. Sajikan kuliner dengan memakai piring atau sendok kesukaannya
Anak-anak terkadang sangat menyukai abjad tertentu. Karakter yang bekerjasama dengan film Frozen, misalnya. Bunda dapat mencoba menyuguhkan kuliner dalam priring bergambar tokoh favoritnya. Saat ini ada banyak piring dan atau sendok yang mempunyai gambar tokoh tertentu. Pastikan pewarna yang dipakai aman.

2. Coba Melibatkan Anak dalam Proses Pembuatan Makanan
Melibatkan anak dalam proses memasak kuliner dapat menciptakan anak merasa sayang untuk melewatkan kuliner yang ia buat bersama bunda. Buatlah ia merasa bahwa ia yaitu pecahan penting dalam proses tersebut.

3. Memberi Pelarajan perihal Nutrisi semenarik mungkin
Sesekali bunda dapat memberi pelajaran mengenai pentingnya nutrisi untuk badan kembang anak. Misalkan dengan cara menempelkan poster menarik bergambar kuliner bergizi. Terangkan bahwa kandungan kuliner tertentu dapat menciptakan anak cepat tinggi, atau dapat menciptakan anak dapat berlari cepat, atau mungkin dapat menciptakan kulit halus dan anggun menyerupai tokoh favoritnya.

4. Ganti Suasana
Anak tidak mau makan dapat jadi alasannya yaitu ia merasa bosan di dalam rumah. Tidak ada salahnya bunda mencoba mengajaknya makan sambil menemaninya bermain di luar rumah. Setidaknya itu akan membuatnya tidak terlalu fokus pada sesuatu yang tidak disukainya dalam kuliner atau dalam acara makan. Atau bunda dapat mengajaknya pada suasana lainnya. Suasan dapat terbangun dengan tempat, ruangan, dan waktu.

5. Makan Bersama Temannya 
Jika makan bersama orang renta tidak juga mempan untuk membuatnya mau makan, bunda dapat mencoba mengajak teman-temannya bermain ke rumah dan diajak makan bersama anak. Kebersamaan dengan teman-temannya akan menciptakan ia lebih nyaman dan mengurangi tekanan harus makan. Jadi, acara makan itu menjadi pecahan dari permainan mereka.

6. Variasi Menu Makanan
Suatu dikala anak bunda mungkin pernah menyukai kuliner tertentu. Tentunya bunda merasa sangat senang. Namun, hal tersebut tidak lantas harus menciptakan bunda menyediakan kuliner yang itu-itu saja setiap hari. Itu akan membuatnya merasa bosan. Buatlah variasi kuliner setiap harinya. Tidak kalah penting juga untuk memperhatikan penampilan makanan. Anak biasanya sensitif terhadap warna, bentuk, dan rasa tertentu.

7. Memberi Makan sesudah Mandi Air Hangat
Ketidaknyamanan yang dirasakan anak dalam tubuhnya juga dapat mengakibatkan ia malas makan. Oleh alasannya yaitu itu, tidak ada salahnya memberi ia makan sesudah mandi air hangat. Selain itu, mandi air hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah dan merangsang si kecil merasa lapar.

8. Memberikan obat nafsu makan 
Jika memang dibutuhkan, berilah ia obat yang dapat merangsang nafsu makan si anak. Direkomendasikan memakai obat dengan materi alami menyerupai lempuyang, daun pepaya, dan lain-lain. Anda dapat melaksanakan pencarian di internet atau tanyakan kepada ahlinya. Ada banyak obat nafsu makan untuk anak yang beredar di pasaran. Sebaiknya, banyak sekali hal yang bekerjasama dengan obat bunda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter semoga kita tahu betul apakah obat tersebut diperlukan, bila ya berapa dosis yang pas, dan lain-lain.

9. Memberikan Obat Cacing
Nah, terkadang obat cacing ini diharapkan untuk menambah nafsu makan anak. Tentunya gunakan obat cacing yang cocok untuk anak sesuai usianya. Untuk hal ini, perlu juga mendapat rekomendasi dari dokter, ya!....


Labels: Bayi
0 Komentar untuk "9 Cara Mengatasi Anak Susah Makan"

Back To Top