Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Cara Mencegah Penyakit Diabetes - Diabetes termasuk penyakit berbahaya yang tak jarang mengakibatkan maut sesudah penyakit jantung dan kanker. Diabetes, termasuk Diabetes Mellitus Tipe I dan Diabets Mellitus Tipe II secara umum merupakan penyakit gula darah berlebih yang disebabkan oleh masakan tidak sehat dan gaya hidup yang salah. Diabetes juga sering dikaitkan dengan faktor keturunan dimana konon bila orang bau tanah menderita Diabetes maka ada kemungkinan 10% penyakit tersebut akan diwariskan pada anak-anaknya. Terlepas dari penyebab dan prosentase risikonya, sejauh ini belum banyak cara mencegah penyakit Diabetes kecuali dengan menerapkan gaya hidup sehat sekaligus referensi makan yang benar.

Gejala Penyakit Diabetes 

Secara umum, dibanding laki-laki penyakit Diabetes lebih banyak menyerang kaum wanita, dan kemungkinan terdapat 7 dari 100 orang di dunia yang menderita penyakit Diabetes. Umumnya penyakit ini ditandai dengan tanda-tanda yang sama yaitu intensitas buang air kecil terlalu sering (bahkan bisa tiap jam), sering merasa haus, dan selalu merasa lapar. Silahkan menuju artikel sebelumnya unutk mengetahui lebih lengkap mengenai gejala penyakit diabetes

Tips Pencegahan Penyakit Diabetes

Ada beberapa tindakan dan cara mencegah penyakit Diabetes Melitus yang perlu dilakukan semenjak dini yaitu:

 Diabetes termasuk penyakit berbahaya yang tak jarang mengakibatkan maut sesudah penyaki Cara Mencegah Penyakit Diabetes



  • Olahraga

Olahraga secara teratur efektif untuk menjaga berat tubuh seimbang lantaran proses pembakaran lemak yang sempurna. Olahraga juga bisa meningkatkan sensitivitas terhadap insulin sekaligus menurunkan kadar kolesterol. Untuk menjaga kadar gula darah di level normal sebaiknya meluangkan waktu 30 menit sehari untuk berolahraga.


  • Sarapan

Bagaimanapun kondisinya sebaiknya tidak melewatkan waktu sarapan. Selain untuk mengontrol nafsu makan, sarapan juga mengurangi risiko diabetes. Dengan sarapan berarti mengurangi asupan lemak berlebih ketika tidak bisa mengontrol nafsu makan ketika merasa sangat lapar.


  • Hindari Junk Food

Segala masakan siap saji dan junk food ialah masakan tidak sehat yang umumnya mempunyai kandungan lemak jenuh tinggi. Lemak jenuh tersebut secara signifikan meningkatkan kolesterol jahat sekaligus mempengaruhi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Kaprikornus sebaiknya hindari masakan berlemak termasuk masakan siap saji (mie instant dsb), dan junk food untuk meminimalisir risiko Diabetes.


  • Kurangi Minuman Manis

Glukosa dalam gula dan aksesori buatan ialah zat aktif pemicu utama penyakit Diabates. Beberapa jenis minuman ringan yang diawetkan juga berpotensi menimbulkan Diabetes, contohnya minuman ringan (soft drink), atau minuman berperasa lain. Hindari minuman terlalu elok terutama minuman berperasa atau mengandung aksesori buatan untuk mencegah Diabetes.


  • Hindari Stress

Sadar atau tidak stress level tinggi berisiko menekan syaraf pusat dan meningkatkan kadar gula darah. Untuk menghindari penyakit Diabetes dengan sendirinya juga harus menghindari stress. Stress bisa dihindari dengan cara latihan konsentrasi ibarat latihan pernafasan, senam yoga dan meditasi.


  • Mengurangi Porsi makan

Makan secara teratur bukan berarti bisa makan berlebihan. Untuk penderita Diabetes justru harus menghindari porsi makan berlebih. Hal ini penting untuk menjaga berat tubuh tetap seimbang. Jangan lupa disertai olahraga secara teratur.


  • Banyak Konsumsi Sayuran dan Air Putih

Makanan dari olahan daging rasanya memang enak namun bukan berarti baik bila dikonsumsi setiap hari lantaran sanggup memperbesar risiko Makanan untuk Penderita Diabetes.

Mungkin cara mencegah penyakit diabetes yang paling gampang namun sulit direalisasikan ialah tidur secara teratur. Disadari atau tidak, tidur malam hari kurang dari 6 jam sanggup memicu peningkatan hormon kortisol yang mengacaukan keseimbangan gula darah. Kaprikornus tidur teratur sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit Diabetes.  

Labels: Diabetes
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Penyakit Diabetes"

Back To Top