Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Kanker Tulang

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Kanker Tulang | Dari semua masalah kanker yang ada, kanker tulang termasuk masalah kanker terendah dimana hanya terdapat 0,2% penderita dari keseluruhan masalah kanker di dunia. Meskipun begitu kanker tulang pertumbuhannya sangat aktif dan agresif. Penyebab kanker tulang sendiri sampai sekarang belum bisa dipastikan. Namun dari idetifikasi pada sejumlah pasien, ada beberapa faktor yang menjadi penggagas kanker tulang yaitu pengobatan dengan memakai zat anti-kanker dan terapi radiasi eksternal yang memicu terjadinya Osteosarcoma. Selain itu banyak sekali faktor menyerupai cidera tulang, infeksi, peradangan minor kronis, infeksi virus, dan pertumbuhan tulang berlebih disinyalir juga menjadi penyebab awal kanker tulang.

Gejala Kanker Tulang

Gejala kanker tulang umumnya ditandai dengan deformasi patologis tulang, sakit di punggung, dan patah tulang tanpa lantaran yang jelas. Bahkan pada sebagian masalah terjadi distal mati rasa pada kepingan tubuh tertentu lantaran terjadi pengutamaan pembuluh darah dibagian syaraf. Gejala lain yang mungkin timbul yakni benjolan di permukaan tulang, peradangan, gampang lelah, rasa sakit disertai pembengkakan pada kepingan persendian.

  • Nyeri Berkepanjangan

Ciri-ciri kanker tulang umumnya penderita merasa sakit berkepanjangan terutama dibagian tulang belakang. Bahkan rasa sakit tersebut lambat laun akan menyebar ke organ-organ tubuh lain. Hal ini terjadi lantaran imbas kawasan pertumbuhan yang tidak normal.

  • Kemampuan Beraktifitas Menurun

Pada masalah kanker tulang terjadi pengutamaan yang sangat berpengaruh oleh sel-sel kanker pada syaraf. Hal ini menciptakan penderita kehilangan kemampuan untuk beraktifitas. Kondisi ini disebabkan adanya gangguan pada tulang belakang terutama kepingan impuls-impulsnya.

  • Inkontinensia

Gejala ini sangat menyerupai dengan menurunnya kemampuan beraktifitas. Namun inkontinensia menjadikan penderita kehilangan kemampuan untuk mengontrol kinerja usus dan kandung kemih. Hal ini juga disebabkan oleh gangguan pada impuls syaraf.

  • Pembengkakan

Pembengkakan umumnya terjadi disekitar tulang yang terkena kanker disertai rasa sakit berkepanjangan. Selain pembengkakan ada kemungkinan muncul benjolan di lokasi yang sama.

  • Kelumpuhan

Pada stadium lanjut, penderita kanker tulang bisa mengalami kelumpuhan, baik salah satu anggota badan, beberapa anggota badan, atau bahkan mungkin kelumpuhan terjadi diseluruh badan. Kondisi ini disebabkan syaraf yang terjangkit kanker terputus dari rangkaian syaraf pada jaringan tubuh secara keseluruhan.

 kanker tulang termasuk masalah kanker terendah dimana hanya terdapat  Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Kanker Tulang


Diagnosis dan Pengobatan Kanker Tulang

Untuk memilih apakah seseorang konkret menderita kanker tulang menurut gejala-gejala diatas, maka diperlukan metode diagnosis yang tepat. Umumnya mekanisme yang dilakukan oleh dokter yakni pencitraan dengan alat investigasi mencakup CT Scan, Sinar X, dan MRI. Metode diagnosis berikutnya yakni Scan Tulang dengan cara menyuntikkan materi kontras memakai kamera khusus untuk melihat struktur gambaran tulang.  Metode diagnosis yang terakhir yakni Biopsy yaitu pengambilan jaringan yang mungkin terkena kanker untuk diperiksa di laboratorium.

Cara mengobati kanker tulang dilakukan dengan beberapa tindakan yaitu melalui pembedahan, kemoterapi, dan radioterapi (terapi radiasi).

  • Pembedahan

Pembedahan dilakukan untuk kanker tulang yang belum terlalalu menyebar. Metode pembedahannya sendiri memakai tiga cara yaitu Kuretase (memotong dinding tulang yang terjangkit kanker), Reseksi (mengangkat tumor pada tulang dengan cara pembedahan dari dalam), dan Amputasi (memotong kepingan tulang yang terjangkit kanker secara menyeluruh).

  • Kemoterapi

Kemoterapi yakni metode pengobatan kanker dengan cara memasukkan obat baik berupa tablet atau injeksi ke pembuluh intravena. Pengobatan ini bertujuan membunuh sel-sel kanker yang umumnya bisa membelah diri secara cepat.

  • Radioterapi

Metode pengobatan kanker tulang dengan radioterapi tujuannya untuk mengurangi sel-sel kanker dengan cara merusak DNA sel kanker itu sendiri sehingga kehilangan kemampuan berkembang. Biasanya dilakukan penyinaran atau proteksi energi tertentu pada  sel-sel kanker tulang.    

Labels: Kanker
0 Komentar untuk "Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Kanker Tulang"

Back To Top