3 Cara Mencegah Kanker Hati

3 Cara Mencegah Kanker Hati | Ada beberapa jenis penyakit yang memang sulit diobati, namun pada prinsipnya semua penyakit sanggup dicegah. Hal ini berlaku untuk semua jenis penyakit, termasuk kanker hati. Kanker hati atau juga disebut Liver Cancer ialah tumbuhnya kanker dari sel hati itu sendiri (disebut juga kanker hati primer). Pada kasus kanker hati yang lain juga terjadi dimana kanker hati diawali pertumbuhan sel kanker dari organ badan lain ibarat kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus besar dan lain-lain. Istilah medis untuk kanker hati jenis ini ialah kanker metastatic (disebut juga kanker hati sekunder). Dalam dunia medis cara mencegah kanker hati umumnya memakai 3 cara berbeda yaitu pencegahan primer, pencegahan sekunder, dan pencegahan primordial.

Pencegahan Primer Kanker Hati

Pencegahan kanker hati dengan sistem pencegahan primer umumnya dilakukan pada mereka yang sudah terpapar faktor resiko kanker hati supaya tidak berlanjut menjadi kanker hati. Secara garis besar pencegahan yang dilakukan meliputi:

  • Pemberian imunisasi secepat mungkin pada bayi pasca dilahirkan. Hal ini bertujuan semoga virus Hepatitis B sanggup dibasmi terutama pada generasi selanjutnya.
  • Memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat mengenai ancaman virus Hepatitis dan keterkaitannya dengan resiko kanker hati. Dengan demikian kasus kanker hati sanggup dihindari dengan menerapkan contoh hidup sehat.
  • Tidak mengonsumsi masakan ataupun minuman yang mengandung alkohol. Alkohol ialah satu satu pemicu meningkatnya resiko kanker hati.
  • Hindari masakan yang sudah tersimpan cukup lama. Makanan yang usang tersimpan rentan terhadap jamur Aspergillus Flavus penyebab kanker hati.
  • Meningkatkan konsumsi masakan yang mengandung anti-oksidan. Anti-oksidan ialah nutrisi yang bisa melawan radikal bebas penyebab kanker.

Baca juga: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Kanker Hati

Pencegahan Sekunder Kanker Hati

Cara mencegah kanker hati dengan pencegahan sekunder biasanya dilakukan pada mereka yang sudah menderita kanker hati stadium lanjut. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup sekaligus menghambat progresifitas pertumbuhan sel kanker hati, tentunya dengan proses diagnosis semenjak dini dan metode pengobatan yang sempurna . Metode pengobatan untuk pencegahan sekunder umumnya melalui kemoterapi. Kemoterapi merupakan upaya membunuh sel kanker yang diberikan pada penderita melalui injeksi di pembuluh darah intravena atau memakai obat-obatan berbentuk tablet.

 Ada beberapa jenis penyakit yang memang sulit diobati 3 Cara Mencegah Kanker Hati


Pencegahan Primordial Kanker Hati

Pencegahan kanker hati secara primordial merupakan bentuk pencegahan pada orang yang belum terkena kanker hati bahkan juga belum terpapar faktor resikonya. Tujuannya supaya faktor penyebab kanker hati bisa dihindari sehingga kemungkinan terkena kanker hati sangat kecil. Adapun pencegahan kanker hati secara primordial diantaranya:

  • Mengonsumsi masakan yang mengandung serat tinggi ibarat buah dan sayuran serta mengonsumsi masakan dengan nilai gizi seimbang.
  • Menghindari semua masakan yang mengandung lemak tinggi serta masakan dan minuman yang memakai pengawet dan pewarna.
  • Banyak mengonsumsi vitamin A, B kompleks, C, dan E. Bila perlu tambahkan embel-embel yang bersifat anti-oksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Menerapkan contoh hidup sehat, tidur sehari minimal 8 jam dan tidak tidur terlalu malam.  
  • Berhenti merokok. Tidak hanya untuk kanker hati namun rokok ialah pemicu hampir semua jenis penyakit ibarat kanker paru-paru, kanker kulit, kanker mulut, dan sebagainya. Budayakan hidup sehat dengan berhenti merokok dan menghindari asap rokok.


Selain poin-poin pada pencegahan primordial diatas, cara mencegah kanker hati paling efektif ialah minum air putih minimal 2 liter (8 gelas) perhari. Air putih ialah penawar racun dalam badan dimana kandungan mineral didalamnya membantu proses detoksifikasi toksin dalam tubuh, sehingga terhindar dari banyak sekali jenis penyakit, termasuk kanker hati.

Labels: Kanker
0 Komentar untuk "3 Cara Mencegah Kanker Hati"

Back To Top