7 Macam Jenis Gangguan Tidur Pada Manusia

Gangguan tidur sering kali terjadi pada insan terutama orang remaja lantaran mempunyai peluang yang lebih banyak di bandingkan belum dewasa ibarat perkawinan, pekerjaan dan lain sebagainya. Kurang tidur sangat berbahaya bagi diri kita sendiri dan juga orang lain, misalkan orang yang kurang tidur mengendarai sebuah kendaraan dalam hal ini kecelakaan akan meningkat sebanyak 30% hingga 50% yang akan menimpa dirinya.
 sering kali terjadi pada insan terutama orang remaja lantaran mempunyai peluang yang lebih 7 macam jenis gangguan tidur pada manusia

Dan juga pernah di lakukan survei epidemilogi oleh melinger, dalam survei tersebut menerima banyak fakta bahwa setiap tahun umat insan di seluruh dunia pernah mengalami gangguan tidur sebanyak 35% dan juga selama 6 bulan terakhir terjadi insomnia sebanyak 10%. Dan yang lebih mencengangkan lagi dari hasil survei menerima kesimpulan bahwa kaum wanita, orang yang lebih remaja dan kelompok orang berekonomi rendah lebih sering terkena gangguan tidur.

Apa saja Macam macam jenis gangguan tidur?

Gangguan tidur mempunyai banyak macam berikut insomniaku.co merangkumkanya untuk anda sebagai berikut :
1. insomnia
Gangguan tidur yang pertama ialah insomnia duduk kasus tidur ini niscaya sudah sering anda dengar, sudah banyak media yang membahas jenis susah tidur ini sedangkan insomnia sendiri ialah sebuah kelainan tidur yang dialami oleh seseorang yang mana sulit sekali untuk tidur dan ketika terjaga di malam hari susah untuk mengulang tidur sekalipun mempunyai kesempatan untuk tidur kembali.

2. Parasomnia
Gangguan tidur yang kedua ialah parasomnia duduk kasus tidur ini lebih sering di alami oleh belum dewasa sebanyak 10% di bandingkan oleh orang remaja sebanyak 1% saja. Sedangkan klarifikasi parasomnia ialah sebuah gangguan tidur yang menyerang seseorang dengan cara melibatkan acara fisik contonhnya ialah berjalan sambil tertidur. Umumnya parasomnia terjadi lantaran sebuah trauma ingatan di masa kemudian yang terjadi pada seseorang.

3. Narkolepsi
Gangguan tidur yang kedua ialah narkolepsi, apa itu narkolepsi? Narkolepsi ialah gangguan tidur yang sangat absurd yang berupa serangan tidur mendadak dan orang yang terkena narkolepsi akan sulit sekali mempertahankan kesadaran dan sulit terjaga. Masalah tidur ini terjadi lantaran REM (rapid eye movement) yang biasanya menjadikan seseorang tertidur dan bermimpi justru menyerang ketika orang tersebut dalam keadaan sadar. Biasanya penderita narkolepsi pada waktu malam hari justru akan sulit sekali tidur.

4. Teror malam (nightmare/night terror)
Bisa dibilang teror malam ialah gangguan tidur yang sangat menyeramkan di antara yang lain alasannya ialah penderita yang terkena nightmare pada sepertiga malam mendadak terbangun dari tidurnya dan disertai dengan teriakan, tangisan dan ketakutan yang berlebih. Umumnya nightmare akan terjadi ketika penderita mengalami mimpi jelek yang sangat mempengaruhi jiwanya.

5. Mendengkur
Gangguan tidur yang kelima ialah mendengkur yang sangat keras dan sangat mengganggu. Anda pikir mendengkur bukan sebuah gangguan tidur? Mendengkur ialah salah satu duduk kasus tidur yang terjadi lantaran getaran jaringan pada susukan udara atas. Masalah tidur ini secara umum muncul lantaran sebuah tanda-tanda sindrom obstruletif apnea cara mengatasi gangguan tidur ini sanggup anda lakukan dengan cara tidur miring dan hindari tidur telentang.

6. Apnea tidur
Gangguan tidur yang keenam ialah apnea tidur yang dalam bahasa inggrisnya disebut sleep apnea.  Apnea tidur sendiri ialah sebuah duduk kasus tidur yang mengakibatkan penderita sulit bernafas ketika tidur. Di indonesia sendiri apnea tidur sudah sering terjadi hanya saja si penderita tidak menyadari atau tidak mengerti bahwa itu ialah apnea tidur mereka pikir tidak sanggup bernafas ketika tidur lantaran pilek dan hidung mampet. Cara mendiagnosis gangguan tidur ini memakai cara polysomnography. Yang berbahaya dan harus diwaspadai ialah ketika apnea dan dyspnea terjadi bersamaan ini sanggup mengakibatkan maut mendadak pada si penderita.

7. Hipersomnia
Gangguan tidur yang terakhir ialah hipersomnia, gangguan tidur ini sanggup terjadi lantaran jerawat virus terutama virus mononukleosis, ensafalitis atau hidrosefalus. Sedangkan hipersomnia sendiri yaitu gangguan tidur yang berupa rasa kantuk yang menyerang si penderita secara hiperbola dan menjadikan si penderita tertidur. Biasanya duduk kasus tidur ini akan hilang kalau sipenderita tidur selama 10 menit.

Ingatlah siapapun anda dan berapapun usia anda mempunyai peluang terkena gangguan tidur ibarat di atas dan tujuan artikel ini saya tulis bukan untuk menakut-nakuti anda melainkan untuk mengingatkan menjaga tidur yang berkualitas serta membuatkan isu yang mungkin anda perlu tahu. Sekian artikel perihal 7 macam jenis gangguan tidur pada insan biar apa yang insomniaku.co share bermanfaat.
Labels: Insomnia
0 Komentar untuk "7 Macam Jenis Gangguan Tidur Pada Manusia"

Back To Top