11 Tips Simpel Perawatan Rambut Rontok

Kendati dalam banyak kasus, rambut rontok dapat dikategorikan sebagai insiden alami, namun pada kenyataannya rambut rontok memang cukup membuat risih pemiliknya. Mungkin sesekali anda harus sering memunguti helai demi helai rambut dari atas meja rias atau lantai rumah anda. Atau bahkan kerap menemukan helaian rambut pada makanan? Terutama, rambut tipis tentunya akan menyulitkan anda dalam penataannya. Jadi, sepakat kita sepakat bahwa rambut rontok itu yaitu sebuah masalah! Terlepas dari apakah penyebabnya alasannya yaitu penyakit tertentu, stress, atau alasannya yaitu problem usia.

 rambut rontok dapat dikategorikan sebagai insiden alami 11 Tips Mudah Perawatan Rambut Rontok


Berikut ini aku kumpulkan tips-tips mudah dan ringan mengenai cara merawat rambut rontok. Tips-tips ini mungkin tidak akan dapat menghentikan kerontokan rambut secara total, namun setidaknya dapat sedikit mencegah kerontokan yang lebih parah.

1. Pilih Shampoo yang tepat
Banyak sekali jenis shampoo dengan banyak sekali fungsi yang ketika ini beredar di pasaran. Terkadang, ada saja orang yang fanatik terhadap brand tertentu. Tidak dapat di salahkan memang, kalau memang brand yang dipilih menyediakan produk unggul dan kontrol kualiti yang bagus. Namun, dalam hal ini, bukan wacana hal tersebut. Shampoo yang baik yaitu shampoo yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut anda. Untuk rambut rontok, anda dapat menentukan shampoo yang disiapkan untuk mencegah penuaan dini pada rambut sehingga dapat membuat rambut anda lebih berpengaruh dan penuh vitalitas.

2. Gunakan Kondisioner Khusus untuk Rambut Rontok Hanya di Ujung Rambut
Seperti juga shampoo, anda juga perlu memakai kondisioner yang khusus untuk rambut rontok. Gunakan kondisioner tersebut sekitar 1-2 kali dalam seminggu. Dan jangan lupa, jangan memakai kondisioner pada kulit kepala secara eksklusif alasannya yaitu akan membuat rambut tampak lemas dan oleh karenanya tampak menipis. Gunakanlah kondisioner hanya pada belahan ujung rambut.

3. Jangan Gunakan Kuku untuk Menggosok Rambut ketika Keramas
Kuku anda mungkin perlu di potong pendek untuk mencegah kerontokan lebih parah akhir dipakai menggosok kulit kepala ketika keramas. Untuk menggosok rambut, gunakanlah ujung jari anda.

4. Bilas Rambut Sampai Bebas dari Busa
Menggunakan shampoo ketika keramas tentunya akan membuat rambut tertutup busa dari shampoo tersebut. Nah, bilaslah hingga benar-benar bersih! hingga helai demi helai rambut anda benar-benar terbebas dari busa. Kenapa? Karena sisa-sisa busa tersebut dapat membuat rambut anda bertambah lemah.

5. Keringkan Rambut Perlahan
Jika anda biasa mengeringkan rambut dengan cara mengusut-kusutkan rambut secara kasar, atau memakai hair dryer dengan suhu panas, hentikan kebiasaan tersebut. Mengeringkan rambut cukup dengan menekan-nekan rambut secara perlahan dengan handuk hingga air meresap dan kemudian kering. Akan lebih baik kalau rambut anda dibiarkan kering secara alami. Tidak apa-apa memakai hair dryer, namun turunkan suhunya. Cukup dengan suhu rendah dan meniupkannya perlahan kepada belahan demi belahan rambut yang basah.

6. Gunakan Sisir yang Tidak Terlalu Rapat dan Tidak Terlalu Tajam
Menggunakan sisir yang rapat dan tajam dapat merusak rambut dan terkadang dapat melukai kulit kepala. Oleh alasannya yaitu itu, untuk mencegah kerontokan yang lebih parah silahkan anda memakai sisir yang bergigi jarang dan tumpul.

7. Menyisir secara Terbalik dari Belakang ke Bagian Depan Kepala
Ngapain, nih? Ini yaitu salah satu tips biar rambut rontok anda tampil lebih tebal. Mungkin anda dapat mencobanya. Kecuali sudah parah kerontokannya. Sisirlah rambut dari belakang ke depan, kemudian jangan lupa untuk merapikannya. Dengan begitu, rambut anda akan tampak tidak terlalu tipis.

8. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kuat
Jika anda kerap berpenampilan dengan rambut terikat, baik itu dikepang atau di ikat kuncir kuda, jangan mengikatnya terlalu kuat. Hal tersebut akan menambah beban pada rambut rontok anda.

9. Memotong Rambut
Nah, yang ini masih bekerjasama dengan cara berpenampilan untuk pemilik rambut rontok. Jika ketika ini rambut anda terbilang panjang, potonglah rambut anda. Potongan rambut pendek akan membantu membuat tipuan mata sehingga yang rambut anda terlihat tidak terlalu tipis.

10. Perawatan Tambahan Khusus untuk Rambut Rontok
Kadang-kadang anda akan membutuhkan perawatan pelengkap untuk rambut rontok anda anda. Anda dapat memakai perawatan pelengkap berupa serum, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

11. Jangan Creambath, pilih Masker 
Salah satu ritual creambath yaitu memijat-mijat kulit kepala dengna tekanan yang cukup kuat. Untuk pemilik rambut sehat, mungkin cara ini cukup baik untuk membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala, namun untuk pemilik rambut rontok, pijatan berpengaruh malah akan merangsang kerontokan rambut lebih parah. Alternatifnya anda dapat memakai masker rambut yang mempunyai kandungan khusus untuk perawatan rambut rontok.

Demikian 11 tips mudah perawatan rambut rontok ini, menyerupai yang disebutkan di atas, tips tips ini mudah-mudahan dapat mencegah terjadinya kerontokan lebih parah.

Semoga Membantu!

Labels: Kecantikan
0 Komentar untuk "11 Tips Simpel Perawatan Rambut Rontok"

Back To Top